Rabu, 21 April 2010

Sebenarnya Cinta

Junaid ra berkata, “Sewaktu aku tidur di rumah Sari as-Saqothi, ia membangunkanku dan berkata,

“Wahai Junaid, aku melihat diriku seakan-akan berada di hadapan Alloh, kemudian Alloh berkata kepadaku, ‘Wahai Sari, ketika aku menciptakan makhluk-makhluk-Ku, mereka semua mengaku cinta kepada-Ku. Ketika aku lalu menciptakan dunia, 9/10 dari mereka lari meninggalkan-Ku, hanya tinggal 1/10 bersama-Ku. Ketika aku menciptakan surga, 9/10 dari 1/10 tadi lari meninggalkan-Ku dan hanya tinggal 1/10 dari 1/10 yang tadi bersama-Ku. Aku lalu menciptakan neraka, 9/10 dari 1/10-nya 1/10 tadi lari meninggalkan-Ku. Aku lalu menguji mereka dengan bencana sekecil atom, maka 9/10 dari 1/10-nya 1/10-nya 1/10 tadi lari meninggalkan-Ku.

Aku lalu berkata pada yang tinggal bersama-Ku, ‘Kalian tidak menginginkan dunia, tidak mengharapkan surga, tidak lari dari neraka, dan tidak menghindar dari bencana. Lalu apa yang kalian inginkan?

‘Engkau lebih mengetahui apa yang kami inginkan’, jawab mereka.

‘Aku akan memberi kalian bencana sebanyak napas kalian; bencana yang gunung kokoh sekali pun tak sanggup menanggungnya, apakah kalian akan bersabar?’

‘Jika Kau yang menurunkan bencana itu, kami siap menerimanya.’

‘Kalian adalah hamba-hamba-Ku yang sejati. Kalian adalah pecinta-Ku yang sidq. Aku akan beri kalian dunia dan surga. Aku akan menyingkirkan segala bencana dari kalian.’

Karunia tadi diberikan Alloh setelah mereka lulus dari ujian.

(Cinta, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar